Sosialisasi Pengelolaan Aplikasi LAPOR!, SiMAYA dan WEBSITE bagi OPD

By admin Warta Kominfo 23 Jul 2019, 10:43:33 WIB Pembangunan
Sosialisasi Pengelolaan Aplikasi LAPOR!, SiMAYA dan WEBSITE bagi OPD

POLEWALI MANDAR Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Polewali Mandar menggelar Sosialisasi Pengelolaan Aplikasi LAPOR, SiMAYA dan WEBSITE bagi OPD, Senin  22 juli 2019 di aula Kantor Dinas Kominfo SP.

Sosialisasi ini digelar untuk memberikan pemahaman lebih mendalam tentang pemanfaatan layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat atau LAPOR, aplikasi SiMAYA dan pengelolaan WEBSITE OPD yang masih belum maksimal.

Kepala Dinas Kominfo SP, I Nengah Tri Sumadhana dalam paparannya mengatakan, sosialisasi ini sangat penting dilakukan sebagai salah satu instrumen penilaian  Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau SPBE dimana indeks SPBE Polewali Mandar dianggap masih rendah yakni 2,51.

“ Penilaian Mandiri SPBE dilakukan oleh Kementerian / Lembaga dan Pemerintah Daerah. Yang mencakup penilaian terhadap Domain, Kebijakan Internal , Tata Kelola SPBE dan Layanan SPBE ". Ungkap I Nengah

Dalam lanjutan sosialiasi tersebut juga mengedepankan optimalisasi pengelolaan aplikasi LAPOR terbaru  yakni versi 3.0, sebagai wadah komunikasi masyarakat terhadap pemerintah, baik berupa aduan maupun aspirasi. Beberapa admin kabupaten mewakili OPD nya masing -masing diharapkan mampu untuk mengelola aplikasi LAPOR dan menindaklanjuti dengan cepat.

Penerapan SPBE bertujuan untuk mewujudkan proses kerja yang Efisien, Efektif, Transparan, dan Akuntabel serta meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Terkait pengelolaan WEBSITE, masih terdapat beberapa OPD yang belum memiliki WEBSITE, sementara banyak yang sudah memiliki namun tidak terkelola dengan baik, olehnya itu para operator diberi pembekalan agar memaksimalkan WEBSITE sebagai salah satu bentuk keterbukaan informasi publik dalam mendukung E - Government.

Sosialisasi pengelolaan aplikasi LAPOR, SiMAYA dan WEBSITE bagi OPD diikuti para Sekertaris OPD dan Operator Aplikasi.

Tim Liputan Warta Kominfo SP Polewali Mandar.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment