Usulan Infrastruktur Dominan di Musrenbang Tutar

By admin Warta Kominfo 17 Mar 2020, 10:48:46 WIB Pembangunan
Usulan Infrastruktur Dominan di Musrenbang Tutar

POLEWALI MANDAR-Kecamatan terakhir yang menggelar Musrenbang Kecamatan tahun ini yakni Kecamatan Tutar, Sabtu, 16 Maret 2019, bertempat di Aula Kantor Kecamatan Tutar, dihadiri Sekertaris Daerah Polewali Mandar Bebas Manggazali, Anggota DPD RI Ajbar, Ketua dan Wakil DPRD Polewali Mandar, Wakil Ketua DPRD Propinsi Sulawsi Barat, para Kepala Desa dan masyarakat setempat.

Bappeda Litbang membacakan sejumlah proyek strategis yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 yang didominasi pembangunan infstruktur. Sejumlah kepala desa juga memasukkan usulan program untuk tahun 2021 yang selanjutnya akan dibahas pada Musrenbang tingkat Kabupaten.

Para legislator yang sempat hadir pada Musrenbang Kecamatan Tutar berharap Tutar mampu  bangkit menjadi Kecamatan yang lebih selaras dengan daerah lainnya dengan sinergitas pemerintah selaku pemangku kebijakan, DPRD dengan fungsi pengawasan dan partisipasi aktif masyarakat.

Keterbatasan anggaran dari pemerintah kabupaten dalam mengakomodir semua usulan program masyarakat dibutuhkan dukungan dana Desa yang penggunaanya efektif dan mendahulukan skala prioritas.

Setelah semua kecamatan menggelar Musrenbang, usulan-usulan yang dihasilkan akan dibahas kembali pada Musrenbang kecamatan sekaligus menetukan skala prioritas program yang akan direalisasikan.

Sesuai amanat Undang-Undang no. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional,  Musrenbang diharapkan dapat menjadi forum antar pemerintah, dan masyarakat mendapatkan masukan, sinkronisasi program dan program prioritas pembangunan demi kemajuan daerah.

Tim Warta Kominfo SP Polewali Mandar.




Video Terkait:

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment