BPS Gelar Rakor Sensus Penduduk tahun 2020

By admin Warta Kominfo 19 Feb 2020, 15:20:10 WIB Pembangunan
BPS Gelar Rakor  Sensus Penduduk tahun 2020

Polewali Mandar Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Polewali Mandar menggelar Rapat Koordinasi Daerah Sensus Penduduk tahun 2020 Tingkat  Kabupaten Polewali Mandar bertempat di  Aula Hotel Al-Ikhlas Pekkabata, Rabu, 19 Februari 2020. Berdasrkan Undang-Undang No. 16 Tahun 1997 tentang statistik dan rekomedasi PBB, setiap negara harus menyelenggarakan Sensus Penduduk (SP) minimal 10 tahun sekali. Sensus Penduduk pertama kali dilakukan Indonesia sejak tahun 1961 dan tahun 2020 merupakan Sensus Penduduk yang ke 7, yang mana ada 54 negara yang akan melakukan Sensus Penduduk secara bersamaan di tahun 2020 ini.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Polewali Mandar Ahmad Gunawan dalam sambutannya mengatakan, tahun 2019 telah di keluarkan Perpres Nomor 39 tentang Satu Data Indonesia dan Perpres Nomor 62 tentang strategi Nasional Percepatan Administrasi Kependudukan untuk Pengembangan Statistik Hayati    (Stranas APKSH).

“ Implementasi dari Staranas APKSH ini akan menjadi landasan hukum bagi BPS untuk  melaksanakan Sensus Penduduk tahun 2020 secara terintegrasi dengan kementerian dalam negeri.” Kata Ahmad

Wakil Bupati Polewali Mandar H.M Natsir Rahmat  yang membuka  kegiatan ini, mengapresiasi pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 yang di lakukan setiap 10 tahun sekali yang memiliki tujuan untuk menghasilkan Satu Data Kependudukan untuk Indonesia Maju.

“ Sangat bangga dengan inovasi yang di kerjakan oleh BPS dalan Sensus Penduduk 2020 kali ini pemanfaatan data admin sebagai data dasar pelaksanaan Sensus Penduduk serta Sensus Penduduk Online agar masyarakat dapat berpartisispasi dalam Sensus Penduduk dengan mudah dan sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat sehingga sadar akan pentingnya administrasi kependudukan.” Sambut Natsir

Lebih Lanjut Natsir mengatakan, kunci utama kesuksesan Sensus Penduduk 2020 adalah partisipasi dari  seluruh elemen bangsa.

 “Untuk mendukung Sensus Penduduk 2020 saya mengintruksikan  kepada seluruh masyarakat,  Pimpinan OPD instansi vertikal di kabupaten Polewali Mandar  agar menghimbau jajaran dibawahnya termasuk jajaran  dipemerintah Kecamatan ataupun Kelurahan/Desa dan seluruh pihak  agar memberikan dukungan dalam mensukseskan Sensus Penduduk 2020.” Tutup Natsir.

Dalam Video Singkat Presiden Jokowi mengajak kepada seluruh elemen bangsa dan didukung oleh semua pihak, agar  partisipasi dalam mensukseskan Sensus Penduduk 2020.

Adapun tahapan kegiatan Pengumpulan data pada Sensus Penduduk 2020  yakni Sensus Penduduk Online (SP Online) akan di mulai pada tanggal 15 Februari sampai dengan 31 Maret 2020, Sensus Penduduk Wawancara (SP Wawancara) di mulai pada bulan Juli 2020, dan Pencacahan Sampel di mulai pada bulan Juli 2021.

Mari Bergandengan tangan meningkatkan komitmen kita untuk menghasilkan satu data kependudukan untuk indonesia maju, Sensus Penduduk 2020 Mencatat Indonesia.

Tim Warta Kominfo SP Polewali Mandar




Video Terkait:

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment