Pemkab Dorong Petani gunakan Asuransi Pertanian

By admin Warta Kominfo 08 Okt 2020, 12:21:41 WIB Perekonomian
Pemkab Dorong Petani gunakan Asuransi Pertanian

POLEWALI MANDAR-Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar Melalui Dinas Pertanian dan Pangan mengajak para petani didaerah ini untuk memanfaatkan Asuransi Usaha Tani Padi akibat gagal panen yang di sebabkan oleh serangan hama dan bencana alam.

Di Musim panen kali ini Bantuan  Asuransi Usaha Tani Padi di rasakan oleh Tiga Kelompok Tani (Poktan) di Kecamatan Wonomulyo yakni 2 Kelompok Tani  berasal dari Desa bakka-bakka dan Satu kelompok tani berasa dari Desa Sumberjo,yang pembayaran klaim dilakukan PT Jasindo.

Penyerahan Bantuan Asuransi Usaha tani di serahkan secara simbolis Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Hassani, Rabu 7 Oktober 2020 bertempat di sanggar tani Desa Bakka-bakka Kecamatan Wonomulyo.

Muh. Yunus Kepala Bidang PSP  Dinas Pertanian dan Pangan mengatakan Asuransi usaha tani sangat bermanfaat bagi para petani dalam mengatasi kerugian akibat gagal panen yang disebabkan oleh serangan hama dan bencana alam.

 “ Asuransi usaha tani ini sangat bermanfaat bagi petani yang mengalami kerugian akibat gagal panen, “ kata Yunus.

Ketua Kelompok Tani harapan Jaya Desa Bakka-bakka Basir  yang menerima bantuan asuransi tani ucapkan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Polewali Mandar atas apresiasinya kepada para petani yang mengalami gagal panen untuk ikut asuransi tani dari PT. Jasindo.

“ Terimakasih kepada Bupati atas apresiasinya, untuk mengikuti asuransi tani  dari PT. Jasindo bagi petani gagal panen seperti  berdampak kena hama dan bencana alam,karena  asuransi tani sangat membantu petani dari kerugian gagal panen akibat bencana alam, " Kata Basir.

Dalam mengikuti Asuransi Usaha Tani Padi, petani cukup membayar premi  sebesar Rp 36.000 perhektar sawah setiap musim tanam, dimana subsisdi pemerintah sebasar Rp 144.000 dengan total pembayaran Rp 180.000, dan pertanggungan kerugian  sebesar Rp 6.000.000 jika terjadi gagal panen.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Hassani, Para Penyuluh Pertanian, Pengamat  Hama Tingkat Kecamatan dan Kabupaten, serta anggota kelompok tani di Kecamatan Wonomulyo.

Tim Warta Kominfo SP Polewali Mandar




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment