Puluhan Nakes di Latih Tangani Pasien Diabetes

By admin Warta Kominfo 05 Okt 2020, 16:45:47 WIB Kesehatan
Puluhan Nakes di Latih Tangani Pasien Diabetes

POLEWALI MANDAR-Untuk meningkatkan keterampilan penanganan penyakit tidak menular bagi tenaga kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar, 46 peserta tenaga kesehatan, perawat maupun bidan tersebar di 18 puskesmas, klinik dan rsud, stikes binagenerasi polewali mandar, mengikuti  pelatihan  Diabetes Self Management Education (DSME) berbasis health coaching oleh tenaga kesehatan, yang terlaksana minggu 4 oktober 2020 di batistuta café kecamatan polewali.

Gelaran pelatihan ini, bertema “Peningkatan Peran Tenaga Kesehatan Dalam Pengembangan Metode Edukasi pada Pasien Diabetes Mellitus Type 2”. Konsep health coaching, teknik dan model percakapan terhadap penangan pasien diabetes menghadirkan narasumber Kusrini Kadar, S.Kp, MN. dr. Rian Adi Pamungkas S.Kep, Mns.

Ketua panitia M. Syikir  menyebut pelatihan ini, peruntukan tenaga kesahatan, bertujuan menambah keterampilan para tenaga kesehatan dalam memberikan edukasi pasien diabetes mellitus.

Berbagai studi telah menunjukkan efektivitas health coaching dalam menangani diabetes berdasarkan beberapa studi, healt coaching terbukti memperbaiki kendali penyakit  pasien . Hal positif lain pasien akan lebih berenergi, bersemangat dan paham mengenai kondisi kesehatan.

Salah seorang narasumber pelatihan  Kusrini  Kadar mengatakan, para perawat dan bidan  mendapat tambahan informasi keterampilan terkait metode edukasi yang lebih efektif dan efisien untuk penangan  pasien yang menderita penyakit kronis dan diabetes.

“ Yang selama ini teknik edukasi agak kurang efektif, maka dengan menggunakan teknis dsme lebih bermanfaat dan powerfull, untuk pasien agar lebih patuh pada pengobatan dan mengelola  penyakit, ” kata Kursini.

Penyebab kematian saat ini di dominasi oleh Penyakit Tidak Menular (PTM). Health coach diartikan  sebagai ahli yang telah dilatih untuk berkolaborasi  dengan pasien untuk memberikan informasi dan dukungan, dengan tujuan akhir berupa pasien dapat melakukan  perawatan kesehatan dengan mandiri.

Tim Warta Kominfo SP Polewali Mandar




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment