Tiga Tim Penguji Tes Kepribadian Calon Paskibraka 2024

By Admin Warta Kominfo 22 Apr 2024, 12:06:57 WIB Pemerintahan
Tiga Tim Penguji Tes Kepribadian Calon Paskibraka 2024

Polewali, Warta Kominfo SP Polman- Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (BAKESBANGPOL) menyelenggarakan tes kepribadian calon Paskibraka Tahun 2024. Dua hari berturut-turut, yakni Senin, 22 April, dan Selasa, 23 April 2024, tes ini dilangsungkan di Ruang Pola Kantor Bupati dan Aula Sipamandaq.

Tahapan seleksi ini melibatkan tiga tim penguji yang kompeten. Drs. H. Darwin Badaruddin yang menilai kepribadian, sementara DR Aco Musaddad HM bertanggung jawab atas penilaian rekam jejak media sosial, dan Frida Syahrunnisa, S.PSI, mengawasi seleksi psikologi. Seleksi kepribadian ini merupakan salah satu rangkaian proses seleksi setelah tahap seleksi administrasi, tes wawasan kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), seleksi kesehatan, PBB, dan samapta.

Asliah Rahim, S.Sos, M.Si Kepala Kesbangpol Kabupaten Polewali Mandar mengungkapkan, bahwa seleksi kepribadian dilakukan melalui tiga kategori. Pertama, tim penguji mengevaluasi minat dan bakat calon Paskibraka. Kedua, penilaian terhadap kepribadian dilakukan dengan melihat indikator seperti tanggung jawab, kedisiplinan, dan kerjasama dalam tim. Terakhir, rekam jejak di media sosial juga menjadi fokus evaluasi.

Baca Lainnya :


Pelaksanaan seleksi ini sangat penting mengingat Tahun 2024 merupakan Tahun ke-70 kemerdekaan Indonesia. Lebih lanjut, pemerintah berharap agar calon Paskibraka yang terpilih dapat mewakili Kabupaten Polewali Mandar serta Provinsi Sulawesi Barat secara layak di tingkat nasional. Selain itu, mereka juga mengingatkan para calon untuk menjaga kesehatan selama proses seleksi berlangsung, yang akan memakan waktu dua bulan ke depan  Hal ini disampaikan Pembina utama Daryadno

“Pelaksanaan seleksi paskibraka tahun 2024 merupakan suatu keharusan untuk menjadi paskibraka untuk bertugas 70 tahun merdeka tahun ini. Adapun tahapan seleksinya kita laksanakan adalah, mulai dari tes administrasi, Kesehatan, parade, PBB, dan wawancara yang sedang berlangsung. Yang kita harapkan dari adek adek ini adalah, pelaksanaan seleksi itu berjalan sesuai dengan mekanisme yang ada yang dilakukan secara transparansi dan ankuntable sehingga kemungkinan besar  yang mengatakan bahwa, ada indikasi  kecurangan dalam seleksi itu tidak terjalin ini murni dilaksanakan oleh tim seleksi. Oleh karena itu, harapan kami berhasilnya seleksi ini kami bisa menyiapkan adik adik untuk bertugas di nasional dan insyaallah  tahun ini dilaksanakan di ibu kota nusantara. Sehingga polman bisa mewakili sulbar untuk bertugas di nasional nanti, kemudian harapan kami kepada adik adik jaga kesehatan karena ini masih berlangsung selama dua bulan kedepan. Oleh karena itu, kewajiban adik adik jaga kesehatan dan selalu menjadi teladan disekolah dan dirumahnya. Selanjutnya harapan kami kedepan karena ini baru yang dilakukan oleh Kesbangpol, saya sangat mengapresiasi bahwa keberhasilannya ini ditunjang oleh kebersamaan tim dalam melaksanakan tugas ini. Oleh karena itu kami dari penanggung jawab teknis selaku penyelenggaraan seleksi mengucapkan banyak terimakasih dan menyampaikan kepada seluruh adik adik untuk tetap semangat dan berjuang ,” Terangnya


Penanggung jawab teknis penyelenggaraan seleksi ini mengapresiasi kerja sama tim dalam menyelesaikan tahapan seleksi dengan sukses. Dengan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi serta memberikan semangat kepada para calon untuk terus berjuang demi masa depan yang lebih baik. Diharapkan calon yang terpilih dapat menjadi teladan dan pemimpin yang berkarakter Pancasila di masa depan.

 

Tim Warta Kominfo SP Polewali Mandar 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook