5240 Vial Vaksin Covid-19 diterima Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar

By Admin Warta Kominfo 29 Jan 2021, 22:31:55 WIB Kesehatan
5240 Vial Vaksin Covid-19 diterima  Dinas Kesehatan  Kabupaten Polewali Mandar


POLEWALI MANDAR-Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu upaya dalam menangani penyebaran virus corona, termasuk di Kabupaten Polewali Mandar.

Sebanyak 5240 vial Vaksin  Covid-19 yang di Didistribusikan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat  tiba di Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar pada pukul 17.25 wita, Jumat 29 Januari 2021.

Baca Lainnya :

Vaksin Covid-19 diserahkan oleh  Muslimin Pengelola Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat, kepada pemerintah Kabupaten  Polewali Mandar yang diwakili oleh  H.M Natsir Rahmat Wakil Bupati  Polewali Mandar didampingi Sukirman Saleh Asisten II Pemkab Polewali Mandar, di saksikan oleh Haidar Kepala Bidang Penanggulangan Pencegahan Penyakit Menular Dinas Kesehatan, drg. Sriharni Sekretaris Dinas Kesehatan, Kabag Ops Polres Polman Kompol Jubaidi, Kasat Intelkam Polres Polman AKP. Bayu Aditya Yulianto 

Haidar menjelaskan pelaksanaan  vaksinasi  Covid-19 akan dilakukan dalam 3 tahap dimana tahap pertama oleh tenaga kesehatan, tahap kedua petugas pelayanan publik, dan tahap ketiga masyarakat umum.

" Adapun jumlah sasaran untuk tenaga kesehatan sekitar 3000an, untuk pemberian vaksin Covid-19  yang akan dilakukan 2 kali dimana vaksinasi pertama dilakukan  sesuai data pusdatin sebanyak 1.509, dan dua minggu setelahnya dilakukan lagi vaksinasi ke 1.509 orang tenaga kesehatan, adapun untuk petugas pelayanan publik termasuk TNI/POLRI, dan mayarakat umum dan usia sasaran vaksinasi yaitu umur 18-59 tahun pada tahap berikutnya", terang Haidar.

Sebelum dilakukan vaksinasi kepada tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Polewali Mandar terlebih dahulu akan dilakukan lounching vaksinasi Covid-19 pada Selasa, 2 Februari 2021 kepada 10 orang tokoh di Kabupaten Polewali Mandar diawali oleh Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Forkopimda, serta tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Lebih lanjut Haidar mengatakan bahwa tata cara dalam pelaksanaan vaksinasi  Covid-19,  perhari  sekitar 60 orang mendapat pelayanan vaksinasi yang dibagi  dalam 3 sesi.

"Adapun tata cara pelaksanaan vaksin itu terdapat 1 tim terdiri dari 4-6 orang dimana di bagi dalam 3 sesi, satu sesi itu dilayani 15-20 orang", tutup Haidar.

Dalam pemberian vaksinasi Covid-19 dilaksanakan di 24 Fasilitas Kesehatan yang ada di Kabupaten Polewali Mandar terdiri dari 20 Puskesmas, RSUD, RS Pratama Wonomulyo, RS Angkatan Darat, dan PUSDOKKES Polres Polman. Sementara untuk vaksinasi kepada masyarakat Puskesmas akan membuat Pos Imunisasi di tiap Desa agar lebih mudah terjangkau oleh masyarakat.

5.240 Vial Vaksin Sinovac Covid-19 yang dikemas dalam 3 Boks yang berwarna Putih dimana boks  pertama berisi sebanyak 2.120 Vial, box kedua berisi sebanyak 1.760 Vial dan boks ketiga sebanyak 1.360 Vial, dan satu lagi  terdapat boks yang berisi 40 set alat kesehatan.

Tim Warta Kominfo SP Polewali Mandar










Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook