Relawan PMI Terlatih Siaga Bencana Berbasis Masyarakat

By admin Warta Kominfo 29 Mar 2020, 14:39:35 WIB Kesehatan
Relawan PMI Terlatih Siaga Bencana Berbasis Masyarakat

POLEWALI MANDAR-PMI  Kabupaten Polewali Mandar meningkatkan Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat ( SIBAT ) dengan melibatkan para relawan kemanusiaan tangguh dan terlatih di tingkat Desa dalam kegiatan kesiapsigaan dan pencegahan penyebaran Covid-19 .

Sebagai organisasi kemanusiaan relawan  terbiasa, dalam memberikan bantuan pelayanan bagi masyarakat di daerah bencana. Merujuk protokol  siap siaga Covid-19 Nomor 5 tahun 2020 kondisi pandemi Covid-19  sangatlah, berbeda dengan bencana lainnya.

Sela-sela aktifitas peduli kemanusiaan Sabtu 28 Maret 2020 Menurut Sekertaris PMI cabang Polewali Mandar Amirullah  SIBAT PMI dalam dua hari ini, siaga melaksanakan berbagai aktivitas pencegahan termasuk, edukasi kewaspadaan  masyarakat akan pencegahan virus Corona.

" Setelah melakukan koordinasi dengan  Dinkes, Kodim Polmas, maka palang merah indonesia Polman giat  penyemprotan desiampektan ke beberapa lokasi fasilitas publik, tempat ibadah masjid syuhada, kantor bupati dan tempat umum lainnya di akhir pekan ini, di gencarkan oleh relawan kani ini tujuannya mencegah penyebaran virus," terangnya.

Lanjutnya  patut  di apresiasi pemerintah Desa antusias,  melibatkan relawan, lebih lanjut Amirullah menyebut kondisi daerah ini  rawan maka semua pihak terkait, termasuk  PMI mesti lebih siaga dan penanganan  Covid-19

" Hanya saja fenomena di masyarakat situasinya warga takut melaporkan dirinya yang sedang  sakit di Puskesmas sehingga, pemantauan orang yang datang dari dan pergi belum maksimal," lanjutnya

Saat ini  yang paling dibutuhkan  partisipasi masyarakat untuk edukasi  ketika sosial distancing. 
olehnya itu pihaknya pun,  bekerjasama PKM  Kecamatan Matakali  gencar sosialisasi terkait pencegahan virus korona  dilakukan aksi kemanusiaan hingga menyasar  rutan kelas 2B lembaga pemasyarakatan(Lapas) Polewali dan di fasilitas layanan umum Unit Transfusi Darah ( UTD ).

 "  Di Lapas Polewali kita laksanakan edukasi cuci tangan, penggunaan alat perlindungan diri  dan desinfektan,  lalu di  UDD  karena  higienitas   sarana donor darah   juga penting untuk memenuhi permintaan pasien yang membutuhkan,  namun tetap meningkatkan kewaspadaan," terangnya.

PMI  menyiapkan alat dan bahan untuk cuci tangan dan media edukasi masyarakat . Penempelan selebaran sosialisasi cuci tangan yang benar  oleh personil relawan SIBAT dilakukan dari rumah ke rumah warga.

Tim Warta Kominfo SP Polewali Mandar




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment