Rapat Koordinasi Persiapan Evaluasi RB dan SAKIP 2020

By admin Warta Kominfo 10 Sep 2020, 16:04:24 WIB Pembangunan
Rapat Koordinasi Persiapan Evaluasi RB dan SAKIP 2020

POLEWALI MANDAR-Pemerintah Kabupaten Polewal Mandar melalui Bagian  Organisasi dan Tata Laksana menggelar  Rapat Koordinasi  Persiapan Evaluasi  Penilaian  Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi  (PMPRB) dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2020, Kamis 10 September 2020 di Ruang Rapat Sipamandaq Balitbangren.

Inspektur  Kabupaten Polewali Mandar H. Ahmad Saifuddin mengatakan dalam Rapat Koordinasi Persiapan Evaluasi  pelaksanaan Reformasi Birokrasi,   banyak hal serta tahapan-tahapan  yang harus di persiapkan demi tercapainya birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang kapabel  serta pelayanan yang prima terhadap masyarakat di Kabupaten Polewali Mandar. 

“ Rapat kali ini membahas tentang bagaimana mencari solusi agar penilaian dari kemen PAN dan RB agar lebih baik  lagi kedepan yang mana predikat sebelumnya Kabupaten Polewali Mandar mendapat predikt BB, “ Ungkap Ahmad Saifuddin.

Kepala Bagian  Organisasi dan Tata Laksana Muhammad Darwis berharap pelaksanaaan evaluasi dan  implementasi SAKIP di kabupaten Polewali Mandar hasil evaluasi dapat lebih meningkat  di banding dengan tahun sebelumnya.

“ Upaya yang kami lakukan dalam peningkatan   penilaian SAKIP di tingkat Kabupaten Polewali mandar khusus untuk Reformasi Birokrasi  dengan mengoptimalkan peran dan fungsi dari unit Perangkat Daerah  hal tersebut kedepan  bisa memberikan manfaat yang besar untuk   perbaikan reformasi birokrasi secara umum  sehingga penilaian SAKIP lebih baik dari tahun sebelumnya,” Tutup Darwis.

Dalam Evaluasi Reformasi Birokrasi  dan SAKIP Tahun 2020 Terdapat 24 Perangkat Daerah  yang menjadi sasaran evaluasi . Untuk Reformasi Birokrasi, meliputi 8 area Perubahan yaitu : Manajemen Perubahan, Harmonisasi Peraturan perUUan, Penataan Kelembagaan, Penataan Ketatalaksanaan, Peningkatan SDM Aparatur, Peningkatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan dan Peningkatan Pelayanan Publik.  Selanjutnya untuk evaluasi SAKIP, meliputi : Perencanaan Kinerja (cascading dan crosscutting kinerja), Pengukuran Kinerja, {Pelaporan Kinerja dan Review Kinerja.

Dalam  rapat koordinasi tersebut, seluruh Perangkat Daerah berkomitmen untuk meningkatkan kualitas Evaluasi Reformasi Birokrasi  dan SAKIP yang pada tahun 2019 telah berhasil meraih Predikat B untuk Reformasi Birokrasi serta predikat BB untuk evaluasi SAKIP, yang capaian  SAKIP ini merupakan yag terbaik di Sulawesi Selatan dan Barat.

Hadir dalam kegiatan ini, Asisten III Administrasi umum, Kepala Badan dan  Kepala Perangkat daerah terkait  serta Direktur Rumah Sakit Daerah.

Tim Warta Kominfo SP Polewali Mandar

 




Video Terkait:

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment