Pemprov Sulbar Launching Internet Desa MARASA

By admin Warta Kominfo 21 Jan 2020, 09:02:16 WIB Pembangunan
Pemprov Sulbar Launching Internet Desa MARASA

Polewali Mandar Sebanyak delapan Desa di Polewali Mandar kini menikmati program internet gratis MARASA yang merupakan kerjasama pemerintah Propinsi Sulawesi Barat bersama PT. Indonesia Comnets Plus (Icon Plus). Kedelapan Desa tersebut , yakni Mosso, Katumbangan, Rappang Barat, Galung Lombok, Tammajarra, Napo, Lekopadis dan Katimbang.

Launching program MARASA dilaksanakan di 3 titik masing-masing di Auditorium Lantai 4 Kantor Gubernur Sulawesi Barat, Desa Saloadak Mamuju Tengah dan Desa Katimbang Polewali Mandar, Senin 20 Januari 2020.

Didesa Katimbang Kecamatan Matangnga, launcing Desa MARASA dihadiri Kepala Dinas Kominfo SP, Kepala Dinas Pemerintah Desa, Perwakilan Pemprov Sulawesi Barat, Icon Plus, tokoh dan masyarakat desa Katimbang Kecamatan Matangga.

Peresmian ditandai dengan peletakan tangan pada layar monitor scenner tangan oleh Wakil Gubernur Sulbar Enny Anggraeni Anwar, bersama Direktur Utama PT. Indonesia Comnets Plus (Icon Plus) Iwan Purwana.

Wakil Gubernur Sulbar, Enny Anggraeni Anwar mengatakan, penyediaan infrastruktur teknologi informasi yang memadai sangat diperlukan, agar pemerintah dan masyarakat desa dapat terhubung dengan jaringan global, melalui internet yang dapat dimanfaatkan secara positif, untuk mendorong kemajuan diberbagai sektor.

“Hal itu tentu akan mempermudah masyarakat mengakses informasi dari luar wilayah, sekaligus dapat mempromosikan potensi-potensi yang ada di daerah masing-masing, sehingga kehadiran fasilitas akses internet diharapkan dapat digunakan dalam hal yang bermanfaat, baik oleh pemerintah desa maupun masyarakat setempat,” ucap Enny.

Melalui momentum tersebut, Enny berharap semua pihak terkait dapat terus membantu, khususnya pihak PT. Icon Plus dalam hal penyediaan infrastruktur akses internet Fiber Optik (FO) ke desa, dengan target seluruh desa dan kelurahan di wilayah Sulbar dapat terkoneksi secara bertahap. Hal itu dimaksudkan agar keinginan menjadikan Sulbar sebagai provinsi digital dapat terwujud.

Mewakili Bupati Polewali Mandar Kepala Dinas Pemerintah Desa Aswar Jasin mengatakan, Internet adalah  mimpi yang telah lama didambakan oleh masyarakat Desa Katimbang, lewat program internet MARASA, masyarakat dipelosokpun dapat menikamati layanan Internet.

“Semoga program Marasa dapat terus dilanjutkan sehingga dapat menjangkau lebih banyak Desa khususnya di Polewali Mandar”, Tutup Aswar.

Dalam kegiatan tersebut, Pemprov Sulbar melakukan Video Conference (VC) dengan dua desa sebagai perwakilan dari 32 Desa yang sudah menikmati layanan internet, yakni Desa Katimbang Polewali Mandar dan Desa Saloadak Mamuju Tengah.

Adapun 32 desa  di enam kabupaten se-Sulbar yang telah menikmati layanan internet, masing-masing Polewali Mandar sebanyak delapan desa, yakni Mosso, Katumbangan, Rappang Barat, Galung Lombok, Tammajarra, Napo, Lekopadis dan Katimbang. Majene sebanyak lima desa, yakni Tammeroddo, Lombang, Sambabo, Buttu Baruga dan Pamboborang. Mamasa sebanyak lima desa, yakni Tondok Bakaru, Ralleanak, Balla Sataneteang, Minanga dan Sendana.

Selanjutnya, Mamuju sebanyak lima desa, yakni Botteng Utara, Rantedoda, Losso, Lebani dan Pammulukang. Memuju Tengah sebanyak lima desa, yakni Lemo-Lemo, Kambunong, Sinabatta, Sanjango dan Saloada. Pasangkayu sebanyak empat desa, yakni Balanti, Kalukunangka, Wulai dan Martasari.

Tim Warta Kominfo Polewali Mandar.




Video Terkait:

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment