Pemkab Polman Gelar Perjanjian Kinerja OPD Serta Apresiasi Akuntabilitas Kinerja dan Pelayanan Publi

By Admin Warta Kominfo 21 Mar 2022, 12:34:11 WIB Pemerintahan
Pemkab Polman Gelar Perjanjian Kinerja OPD Serta Apresiasi Akuntabilitas Kinerja dan Pelayanan Publi

Keterangan Gambar : Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar melalui Bagian Organisasi Setda menyelenggarakan Penandatanganan Perjanjian Kinerja Tahun 2022 serta Apresiasi Akuntabilitas Kinerja dan Pelayanan Publik Perangkat Daerah Tahun 2021, Bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Polewali Mandar, Senin, 21 Maret 2022.


Warta Kominfo SP Polewali Mandar -  Guna peningkatan kualitas implementasi sistem akuntabilitas kinerja pemerintah kabupaten serta penyelenggaraan pelayanan publik, Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar melalui Bagian Organisasi Setda menyelenggarakan Penandatanganan Perjanjian Kinerja Tahun 2022 serta Apresiasi Akuntabilitas Kinerja dan Pelayanan Publik Perangkat Daerah Tahun 2021, Bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Polewali Mandar, Senin, 21 Maret 2022.

Muh Nawir, Asisten Administrasi Umum menjelaskan dalam laporannya bahwa dalam implementasi SAKIP Tahun 2021, 5 OPD (11,1%) telah mencapai Predikat SAKIP OPD Kategori A,  untuk kategori BB sudah mencapai 44,4% atau sebanyak 20 OPD, dan 8,9% atau 6 OPD kategori B. Untuk Kecamatan belum dilakukan evaluasi implementasi SAKIP 2021. Terhadap evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik, 24% atau 10 OPD sudah memenuhi kategori Zona Hijau, 39 % atau 16 OPD berada di Zona Biru, 17% atau 7 OPD berada zona kuning dan 20% atau 8 OPD masih berada di zona merah. 

Bupati Polewali Mandar H. Andi Ibrahim Masdar dalam sambutannya mengatakan, pengembangan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) pada tingkat kabupaten hendaknya diikuti dengan implementasi secara terstruktur dan terukur pada setiap level pemerintahan, baik di tingkat perangkat daerah, kecamatan maupun kelurahan.

Baca Lainnya :

“Pengembangan sistem akuntabilitas kinerja (SAKIP) pada tingkat Kabupaten hendaknya diikuti dengan implementasi secara terstruktur dan terukur pada setiap level Pemerintahan, baik ditingkat Perangkat Daerah, Kecamatan maupun Kelurahan. Dengan sistem perencanaan yang berorientasi hasil, pengukuran secara mandiri dan berkelanjutan, pelaporan yang tepat waktu dan evaluasi yang terus menerus, akan memungkinkan kita lebih mampu mendeteksi faktor-faktor yang menghambat, sehingga sedini mungkin dengan solusi dan langkah pemecahan masalah yang akan dihadapi tersebut dapat diantisipasi dengan solusi dan langkah pemecahan masalah terbaik. Hal ini akan memungkinkan kita akan bekerja dengan lebih efektif dan efisien,“ kata Bupati AIM.

Selanjutnya Bupati juga mengingatkan, agar perencanaan yang dilakukan setiap tahunnya, hendaknya dilaksanakan secara cermat serta berfikir keras dan bekerja cerdas dengan mengembangkan inovasi pada setiap aspek pelayanan tugas dan fungsi masing-masing.

“Setiap anggaran yang saudara rencanakan, hendaknya selalu mengacu pada sasaran program dan kegiatan yang telah ditetapkan sebelumnya dalam dokumen-dokumen kinerja yang sudah kita sepakati bersama. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, mengingat semakin berkurangnya anggaran dalam APBD kita akibat alokasi dana alokasi umum dan dana alokasi khusus yang cenderung fluktuatif. Tuntutan kebutuhan masyarakat juga semakin besar sebagai respon dari kebutuhan masyarakat untuk tumbuh berkembang selaras dengan perubahan lingkungan global. Kita dituntut untuk berfikir keras dan bekerja cerdas dengan mengembangkan inovasi pada setiap aspek pelayanan tugas dan fungsi masing-masing, sehingga target kita bersama dapat terwujud sesuai dengan harapan kita bersama,” tutup AIM.

Tim Warta Kominfo SP, Polewali Mandar





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook