Pemkab Polewali Mandar Gelar Sosialisasi Dokumen RP3KP

By Admin Warta Kominfo 30 Nov 2021, 08:40:14 WIB Pemerintahan

Warta Kominfo SP, Polewali Mandar - Setelah menyelesaikan rangkaian Forum Grup Discussion (FGD) konsultasi publik  dokumen akhir Rencana  Pembangunan dan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman  (RP3KP) Tahun 2020-2024. Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar menyelenggarakan Sosialisasi Dokumen RP3KP, Senin, 29 November 2021 di Hotel Sinar Mas Polewali. Kegiatan ini dihadiri  Sekretaris Daerah Kabupaten Polewali Mandar Ir. Bebas Manggazali, M.Si, diikuti Lurah, Camat, dan Perangkat Daerah terkait.

Maksud dari kegiatan rencana pembangunan dan pengembangan perumahan dan kawasan permukiman adalah penyusunan RP3KP sebagai pedoman dan skenario pemerintah daerah dalam menyelenggarakan kegiatan pengembangan permukiman, sebagai suatu alat untuk mewujudkan keterpaduan  bersama berbagai pihak tentang kawasan permukiman. Tujuan yang hendak dicapai, yaitu untuk melakukan proses penyusunan rencana pembangunan, pengembangan perumahan di daerah Kabupaten Polewali mandar.  Sasaran yang hendak dicapai, terdokumetasinya data dan informasi terkait proses penyusunan penggunaan dan pemanfaatan RP3KP.

Ir. Edy Wibowo, MM. Kepala Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Polewali Mandar menyampaikan, sosialisasi terkait Rencana Pembangunan dan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman (RP3KP)  ini adalah acara penutup dari seluruh rangkaian penyusunan dokumen RP3KP, untuk memberikan masukan akhir dari Camat, Lurah, Perangkat Daerah dan Kementerian terkait.

Baca Lainnya :

“Untuk pemberian masukan akhir dari para Camat, Lurah, OPD, karena dokumen ini menjadi acuan bagi Pemerintah Daerah, bagaimana menyiapkan perumahan dan kawasan permukiman  yang  nyaman  karena dokumen ini kan gabungan, baik dari PUPR, kawasan-kawasan rawan bencana, lahan  berkelanjutan,” sebutnya.

Lanjutnya, perkembangan laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Polewali Mandar signifikan, yang membutuhkan lahan dan permukiman, yang membutuhkan kesiapan pengelolaan yang baik agar tidak terjadi keterlambatan dampak.

Ir. Rafid Mahfud, Konsultan Permukiman menyebut, rencana pembangunan permukiman di Kabupaten Polewali Mandar terbagi dua, yaitu perkotaan dan perdesaan sesuai kondisi perwilayahan.

“Rencana pembangunan pemukiman di Kabupaten Polewali Mandar nanti kita bagi dua, yaitu perkotaan dan perdesaan. Jadi, masing-masing kalau kita lihat di penjelasan, ada perkotaan itu ada perkecamatan didalamnya. Jadi, disesuaikan dengan kondisi perkecamatan itu sendiri,” katanya.

Rencana Pembangunan dan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman (RP3KP) merupakan upaya pemerintah dalam menghadapi isu mengenai pemenuhan kebutuhan  perumahan dan kawasan permukiman yang layak bagi masyarakat.

Tim Warta Kominfo SP Polewali Mandar




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook