Panen Perdana Kedelai Mutiara di Hadiri Kepala BATAN

By admin Warta Kominfo 30 Okt 2019, 11:14:10 WIB Perekonomian
Panen Perdana Kedelai Mutiara di Hadiri Kepala BATAN

POLEWALI MANDAR Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Prof. Dr. Ir. Anhar Riza Antariksawan dan Kepala Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR) BATAN Drs.Totti Tjiptosumirat bersama rombongan melakukan kunjungan kerja memantau dan melihat perkembangan dan pemanfatan ATP BATAN di Polewali Mandar. 
Dalam kunjungan ini, Kepala BATAN dan PAIR BATAN melakukan panen perdana Kedelai jenis mutiara 1 Varietas BATAN didampingi Kepala Bappeda Litbang Darwin Badaruddin. Penyebaran penanaman Kedelai kedepan, lahan lebih diperluas agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga swasembada Padi, Jagung  dan Kedelai (PAJALE) dapat terpenuhi.


Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Prof. Dr. Ir. Anhar Riza Antariksawan mengatakan, Agro Tekhno Park BATAN Kabupaten Polewali Mandar perkembangannya sangat signifikan, berkat kerja keras para pengurus serta dukungan Pemerintah Daerah dan masyarakat. 


 “ ATP Nepo Polewali Mandar kini merupakan daerah tekhno park dibidang agro,dan melahirkan pengusaha pemula berbasis tehnelogi yang merujuk pada ATP”, kata Anhar.


Anhar  juga menyampaikan keberlanjutan kerjasama antara BATAN dan Pemerintah Daerah kedepannya akan tetap berjalan lebih terfokus pada supervisi, untuk itu partisipasi aktif daerah diperlukan sehingga BATAN melaksanakan pelatihan dan akan mentransfer tekhneloginya ke ATP Polewali Mandar, dan akan mendorong daerah untuk menciptakan pengusaha pemula berbasis tekhnelogi lebih banyak sehingga kesejahteraan masyarakat dapat terwujud.


Setelah melakukan panen perdana kedelai, tim juga meninjau kegiatan kawasan ATP Nepo penggemukan sapi,pembuatan pupuk kandang,penggilingan padi varietas BATAN serta mengunjungi kelompok usaha binaan BATAN,  yaitu SIRANNUANG kelompok penggilingan padi varietas BATAN, PARAITA peternakan sapi Desa Mapilli Barat Kecamatan Luyo dan Rumah Kedelai AZZAHRA Desa Parappe Kecamatan Campalagian. 


Darwin badaruddin kepala Badan Bappeda Litbang menyampaikan kerjasama antara BATAN dan Polewali Mandar sangat diharapkan guna peningkatan Sumber daya manusia(SDM),utamanya peningkatan produktifitas petani. 


 “Peningkatan SDM dapat dimulai dari para penyuluh dan para tenaga pertanian agar produktivitas kita semakin meningkat”,  tutup Darwin.


Tim Warta Kominfo SP Polewali Mandar.

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment