Panen Perdana Budidaya Ikan Lele Bioflok

By admin Warta Kominfo 06 Feb 2020, 07:26:57 WIB Perekonomian
Panen Perdana Budidaya Ikan Lele Bioflok

Polewali Mandar Yayasan Hasan Yamani Parappe melaksanakan panen perdana budidaya ikan lele sistem Bioflok. Program ini merupakan bantuan pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Balai Perikanan Budidaya air tawar Tatelu, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Polewali Mandar. Panen perdana ini berlangsung di Kawasan Pondok Pesantren Syekh Hasan Yamani Desa Parappe Kecamatan Campalagian Rabu, 5 Februari 2020.

Muh. Akbar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Polewali Mandar dalam sambutannya mengatakan, di Kabupaten Polewali Mandar sendiri terdapat 5 titik bioflok yakni 2 titik di Kecamatan Campalagian, 2 titik di Kecamatan Wonomulyo dan 1 titik di Desa Kuajang kecamatan Binuang, dan diharapkan agar masyarakat tetap rajin mengkonsumsi ikan.

”Berharap semoga tahun berikutnya akan ada lagi bantuan bioflog dengan tujuan agar kita tetap cinta makan ikan”. Terang Akbar

Lebih lanjut Muh. Akbar mengatakan bahwa program-program bantuan di Dinas Kelautan dan Perikanan masih tetap ada, bukan hanya jenis ikan lele tetapi jenis ikan bandeng, ikan nila, udang dan berbagai jenis ikan air tawar lainnya.

”Bantuan akan di berikan dengan syarat berbentuk kelompok budidaya dikarenakan bantuan terbatas dan peminatnya banyak.” Imbuh Akbar

Alimuddin Staf Ahli bidang Ekonomi Pembangunan Polewali Mandar dalam sambutannya mengatakan, apa yang dilakukan ini, sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Polewali Mandar periode ke dua yakni mewujudkan taraf hidup masyarakat yang lebih baik dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan religius, serta memperkuat kemandirian ekonomi dengan berdasarkan potensi unggulan.

“Budidaya ikan lele dengan sistem bioflok yang dilakukan di pesantren sudah mewujudkan visi misi Bupati  dan Wakil Bupati sehingga patut diberikan apresiasi dan penghargaan oleh Pemerintah Kabupaten”.

Hamzah Syamsuddin Wakil Ketua DPRD Polewali Mandar yang juga hadir dalam kegiatan ini mengatakan Budidaya ikan air tawar perlu terus di kembangkan untuk menumbuhkan ekonomi kerakyatan.

“Dengan adanya persemian panen perdana ikan lele kami dari anggota dewan sangat mengapresiasi kegiatan ini.” ungkap Hamzah

Sementara itu, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Syekh Hasan Yamani Amin Said mengatakan, untuk pemasaran hasil panen ikan lele hasil panen perdana ini akan di pasarkan kedaerah Enrekang, Tanah Toraja, dan Mamasa. Sebagian di konsusmsi untuk masyarakat Kec. Campalagian dan khususnya di pesantren.

“Mengenai pemasaran ikan lele Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas Kelautan”, tutup Amin

Tim Warta Kominfo SP Polewali Mandar.




Video Terkait:

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment