Musrenbang Kecamatan 2020, Usulan Program Harus Terencana, Komprehensif Dan Terpadu

By admin Warta Kominfo 09 Mar 2020, 14:55:24 WIB Pembangunan
Musrenbang Kecamatan 2020, Usulan Program Harus Terencana, Komprehensif Dan Terpadu

POLEWALI MANDAR-Sejumlah kecamatan di Polewali Mandar menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Tingkat Kecamatan mulai tanggal 9 samapi dengan 14 Maret 2020.

Senin, 9 Maret 2020, 4 kecamatan menggelar MUSRENBANG serentak  diantaranya Binuang, Polewali, Anreapi dan Matakali. MUSRENBANG Kecamatan sangat penting dilaksanakan dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di Kabupaten Polewali Mandar tahun 2021, untuk mencapai visi misi serta tujuan dan sasaran program yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2019-2024.

Sesuai amanat Undang-Undang no. 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional,  MUSRENBANG diharapkan dapat menjadi forum antar pemerintah, dan masyarakat mendapatkan masukan, sinkronisasi program dan program prioritas pembangunan demi kemajuan daerah.

Sambutan Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar yang dibacakan Asisten dan staf ahli yang ditugaskan mengawal MUSRENBANG mengatakan, MUSRENBANG 2020 agar fokus Menetapkan program prioritas dan strategis mengingat minimnya anggaran yang dimiliki, program yang di usulkan juga harus dilakukan Penguatan perencanaan sebagai salah satu indikator keberhasilan suatu program.

“ MUSRENBANG  harus menjadi media yg refresentatif untuk berduskusi, dan melahirkan program yang berkualitas dengan desain perencanaan yg komprehensif dan terpadu”. Terang Ibrahim dalam sambutannya

Andi Ibrahim juga kembali mengingatkan untuk menggunakan dana desa secara efektif  dan tidak melulu didominasi infrastruktur, namun mampu membuat program inovasi desa berbasis pemberdayaan masyarakat.

Melalui forum ini setiap desa memaparkan usulan program yang akan dijalankan tahun 2021 mendatang, program tersebut diantaranya pembangunan Infrastruktur, pendidikan, kebudayaan dan sejumlah program strategis lainnya. Program ini nantinya akan dibahas kembali bersama OPD terkait untuk dianggarka ditahun depan.

Dimomen Musrenbang Kecamatan juga dirangkaikan sosialisasi Pekerja Migran Indonesia yang berPeluang bekerja di Sabah Malaysia melalui jalur resmi Disnaketrans ESDM Kabupaten Polewali Mandar melalui jalur internasional pelabuhan silopo.

MUSRENBANG Tingkat Kecamatan menghadirkan para perwakilan OPD, Anggota DPRD, Lurah, Kepala Desa, Pendamping Desa dan masyarakat setempat.

Tim Warta Kominfo SP Polewali Mandar.




Video Terkait:

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment