Konsultasi Publik Kedua Penyusunan KLHS RPJPD Kabupaten Polewali Mandar 2025-2045

By Admin Warta Kominfo 15 Mei 2024, 15:56:24 WIB Pemerintahan
Konsultasi Publik Kedua Penyusunan KLHS RPJPD Kabupaten Polewali Mandar 2025-2045

Polewali, Warta Kominfo SP Polman – Setelah menggelar konsultasi publik pertama, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Polewali Mandar kembali menggelar konsultasi publik kedua, Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) yang menjadi bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Polewali Mandar untuk periode 2025-2045. Kegiatan ini terlaksana pada hari Senin, 13 Mei 2024 dan bertempat di Aula Sipamandaq Balitbangren Kabupaten Polewali Mandar.

Konsultasi publik kedua ini dihadiri oleh Asisten Perkonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kepala P2KLH DLHK, Ketua Tim Tenaga Ahli/Narasumber, Kepala Bidang Penataan dan Penaatan Lingkungan Hidup, Badan Penelitian Pengembangan dan Perencanaan, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Tokoh Masyarakat, dan Pihak Akademisi (Universitas Al-Syariah Mandar).

Saat ini, hampir seluruh kabupaten/kota di Indonesia sedang menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah untuk periode 2025-2045, termasuk Kabupaten Polewali Mandar. Saat ini, proses penyusunan KLHS RPJPD di Kabupaten Polewali Mandar telah mencapai tahap ke-7 yaitu konsultasi publik ke-2 dari 11 tahapan yang direncanakan. Tahapan sebelumnya meliputi Kick-off meeting, pembentukan tim penyusun KLHS, identifikasi dan pengumpulan data, analisis data, konsultasi publik ke-1, serta perumusan skenario pembangunan berkelanjutan.

Baca Lainnya :

Rencananya, KLHS ini harus selesai dan laporannya diserahkan paling lambat bulan Mei 2024. Selanjutnya, akan diintegrasikan dengan rancangan RPJPD Polewali Mandar tahun 2025-2045 yang disusun melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPENDA) Kabupaten Polewali Mandar. Salah satu fokus utama KLHS ini adalah kapasitas daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup untuk pembangunan. Sebagai contoh, dengan jumlah penduduk Polewali Mandar pada tahun 2023 sekitar 495.371 jiwa dan pertumbuhan rata-rata 1,4% per tahun, dapat diprediksi bahwa pada tahun 2045 jumlah penduduknya akan mencapai sekitar 641.000 jiwa. Dengan asumsi setiap jiwa menghasilkan sampah sebanyak 0,68 kg/hari, produksi sampah di Polewali Mandar pada tahun 2045 dapat diestimasi mencapai 435.880 kg. tentunya tidak diinginkan terjadi kesalahan perencanaan Pembangunan karena sudah ada fakta dan kondisi yang sama terjadi saat ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Moh. Jumadil Tappawali, ST., MAP menjelaskan pelaksanaan kegiatan  konsultasi publik II kajian lingkungan hidup strategis, Rencana Pembangunan  Jangka Panjang Daerah Kabupaten  Polewali Mandar periode 2025-2045, jangka waktunya 20 tahun.

"KLHS ini bertujuan untuk memberikan arahan kebijakan dan rekomendasi terhadap penyusunan RPJPD abupaten polewali mandar yang disusun dan direncanakan oleh badan perencanaan pembanguan daerah (bapenda) kabupaten polewali mandar. Dari hasil yang berkembang dari diskusi konsultasi publik ini umumya mengharapkan bahwa kedepan dimasa 20 tahun perencanaan pembangunan kabupaten polewali mandar benar-benar memperhatikan dari rekomendasi klhs ini dan diharapkan dalam periode empat kali RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) yang 5 tahunan. Dokumen KLHS ini tetap menjadi acuan, pedoman untuk diperhatikan didalam penyusunan program kegiatan dan rencana kegiatan dikabupaten polewali manda oleh seluruh OPD sehingga benar-benar kita melaksanakan pembangunan yang berwawasan lingkungan yang memperhatikan kaidah kaidah dan ketentuan bagaimana mengelolah lingkungan hidup secara baik dan bijaksana." Jelasnya.

Sukirman Saleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Daerah Kabupaten Polewali Mandar hadir sebagai perwakilan PJ Bupati Polewali Mandar juga menyampaikan pesan kepada Dinas Lingkungan Hidup Polewali Manda agar KLHS ini setelah masuk dalam rpjpd untuk tetap dikawal dan memastikan RPJPD ini berjalan sesuai dengan KLHS.

Tim Warta Kominfo SP Polewali Mandars




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook