Festival Budaya Ke- XV Media Bangun Animo Budaya Generasi muda

By admin Warta Kominfo 18 Des 2019, 08:37:18 WIB Sosial Budaya
Festival Budaya Ke- XV Media Bangun Animo Budaya  Generasi muda

Polewali Mandar Sebagai upaya melestarikan Budaya di Kabupaten Polewali Mandar dan bertujuan, menumbuhkan animo generasi muda untuk mencintai Budaya. Ajang Bergengsi tahunan, yang digelar. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  tetap konsisten,  melaksanakan ajang bergengsi tersebut.

Hal ini,  bagian dari agenda dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Polewali Mandar  Ke- 60, saat  membuka secara resmi Vestifal Budaya Ke.  XV di gedung gabungan Dinas  Kamis 12 Desember.  Wakil Bupati HM. Natsir Rahmat mengatakan diperlukan sosialisasi betapa pentingnya, sosialisasi pelestarian nilai budaya dirinya, memberi apresiasi Dinas pendidikan dan kebudayaan yang tetap konsisten langkahnya  melestarikan  budaya  daerah ini .  “  agar Budaya lokal  yang  merupakan peningalan dari nenek moyang kita  yang dilanjutkan generasi muda agat tidak punah , pihaknya berharap  Vestifal budaya yang memasuki tahuan ke lima . setiap tahun di evaluasi sasaran dan manfaat dan capaian. “

Lebih lanjut pihaknya,  mengajak semua pihak  membangun  minat generasi muda  dalam menggali dan mengenali lalu  memahami nilai nilai budaya tradisi ke Polewali mandaran yang sarat  dengan nilai kearifan dan tata nilai yang khas. Kabid Kebudayaan Marendeng Diknasbud fokus lomba tahun ini, Lomba lagu daerah, lomba ma’asing, lomba makan tradisional, lomba tari tradisional, tomalolo tomakappa di tempat yang berbeda. 

Vestifal  Ke- XV dilaksanakan selama 4 hari  berlangsung semarak,  penampilan panggung sanggar seni tari kemudian, pada malam kedua  Lomba menyanyi lagu daerah  tingkat pelajar juara pertama putri, Feni Vanesa dan Putra, Fardan. Kategori  melalui proses audisi  di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  terpilih  tingkat SD/SMP/SMA serta Umum dan sanggar. Bertindak juri diajang ini, Risma Agun Wijaya, Andi Arvina, Hj. Masdalia.

Polewali Mandar merupakan suatu daerah yang didiami  ragam etnik, Mandar, Bugis, Jawa Toraja, Makassar, Sunda dan sub etnik lainnya seperti Pattae, Pallili, Pattinjo, Pannai dan Pitu Ulunna Salu. Keaneka ragamana budaya  menjadikan daerah  ini, dihadapkan pada transpormasi  dan peradaban sosial.

Tim Warta Kominfo SP Polewali Mandar.

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment