Dinas Kominfo SP Polman Gelar Rakor Peningkatan Kualitas Penyelenggaraan SPBE Tahun 2024

By Admin Warta Kominfo 15 Mei 2024, 16:18:58 WIB Pemerintahan
Dinas Kominfo SP Polman Gelar Rakor Peningkatan Kualitas Penyelenggaraan SPBE Tahun 2024

Polewali, Warta Kominfo SP Polman – Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian Kabupaten Polewali Mandar gelar Rapat Koordinasi Peningkatan Kualitas Penyelenggaraan SPBE Tahun 2024 dalam rangka menindaklanjuti Laporan Hasil Pemantauan Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar 2023. Berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Polewali Mandar, Rabu, 15 Mei 2024.

Penyelenggaraan kegiatan ini, dimaksudkan agar seluruh perangkat daerah dapat berkontribusi dalam penyelenggaraan SPBE yang memuat fungsi-fungsi sektoral diantaranya, Inspektorat dengan pengawasan internal, di PTSP ada layanan Si Cantik dan lainnya, termasuk yang diharapkan nanti adalah sistem-sistem informasi yang berdampak pada penuntasan kemiskinan, stunting, inflasi, dan program prioritas pemerintah, termasuk pendidikan dan kesehatan. Domain terbesar SPBE yaitu pelayanan, jumlahnya 45%, dan sangat dimudahkan karena menggunakan sistem informasi yang sudah disiapkan oleh pemerintah. Olehnya itu, selanjutnya para perangkat daerah diharapkan bisa lebih intens berkolaborasi dengan Dinas Kominfo SP untuk memanfaatkan aplikasi yang telah disediakan oleh pemerintah pusat. 


Baca Lainnya :

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sukirman Saleh SH., MM., mewakili Pj Bupati Polewali Mandar dalam sambutannya memberikan arahan terkait SPBE, diharapkan seluruh OPD bisa memaksimalkan menggunakan SPBE, karena dengan aplikasi tersebut segala pekerjaan bisa menjadi mudah dan simpel.

“SPBE ini, seperti yang sudah disampaikan Bapak Kepala Dinas sudah sangat jelas seperti apa strateginya, kebijakan, tata kelola, bagaimana kita bisa memahami dan menerapkan secara bersama-sama. Artinya berbicara SPBE ini, jangan hanya satu orang saja, dan yang paling penting pimpinan unit kerjanya, pimpinan SKPD nya. Oleh karena itu, diharapkan perhatiannya, SPBE ini bukan karena kita mau mendapat peringkat, namun semua bisa kita kerjakan dari jarak jauh dengan aplikasi yang ada. 

Kepala Dinas Kominfo SP Kabupaten Polewali Mandar Dr. Aco Musaddad S.Ag., M.Ag., M.Si, menyampaikan Laporan Penyelenggaraan SPBE, pelaksanaan SPBE instansi harus selaras dengan prinsip terintegrasi dan terpadu, yaitu dengan menerapkan unsur-unsur SPBE dengan kerangka kerja tata kelola SPBE. Ia juga menjelaskan bahwa SPBE di Tahun 2023 hanya Kabupaten Polewali Mandar yang mendapat predikat sangat baik di Lingkup Sulawesi Barat.


“Polewali Mandar di Tahun 2023 sangat baik 3,86. Dan insyaallah target kita, semoga tahun ini sudah bisa memuaskan, salah satu strateginya adalah indicator-indikator itu bisa kita jalankan dengan baik. Ini perbandingan SPBE Sulawesi Barat tahun 2023, pemprov itu 2,49 atau baik, kemudian Majene 2,56 cukup, Mamuju Tengah 2,19, Mamuju 2,14, Pasangkayu 1,75, Mamasa 1,23, jadi 2 yang kurang, 3 cukup, hanya satu sangat baik, yaitu Kabupaten Polewali Mandar.” Jelas Kadis Kominfo

Rakor ini juga dihadiri oleh Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten Sekretaris Daerah, Para Kepala Perangkat Daerah, Para Kepala Bagian Sekretariat Daerah, dan Para Kepala Bidang Lingkup Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar.

Tim Warta Kominfo SP Polewali Mandar





Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook