Ratusan Lansia Polewali Mandar terima Bantuan PROGRES LU dari Kemensos

By admin Warta Kominfo 18 Mei 2020, 06:48:33 WIB Pemerintahan
Ratusan Lansia Polewali Mandar terima Bantuan PROGRES LU dari Kemensos

POLEWALI MANDAR-Sebanyak 250 lansia di Kabupaten Polewali Mandar menerima bantuan Program Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (Progres LU) Kementerian Sosial, diinsiasi oleh Balai Rehabilitasi Sosial BRSLU Gau Mabaji Gowa yang merupakan salah satu unit pelaksana teknis dari Kemensos melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS LU) Mandar Indonesia. Bantuan ini diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Polewali Mandar H.M. Natsir Rahmat kepada puluhan lansia pemecah batu dKelurahan Batupanga Kecamatan Luyo Kamis, 14 Mei 2020.

Total bantuan yang dikucurkan Kementrian Sosial melalui Balai Rehabilitasi Sosial BRSLU Gau Mabaji Gowa untuk kabupaten Polewali Mandar sebesar  Rp. 675.000.000, yang dibagikan kepada sekira 250 orang lansia yang tersebar disejumlah Kecamatan dan dari beragam latar belakang profesi termasuk para lansia pemecah batu kerikil diKelurahan Batupanga Kecamatan Luyo. Wakil Bupati Polewali Mandar H.M Natsir Rahmat atas nama Pemkab Polewali Mandar mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan, dirinya berpesan kepeda para lansia untuk memanfaatkan bantuan yang diberikan seik-baiknya.

“ Semoga bantuan yang diberikan dapat membantu para lansia dalam suasana covid-19 apalagi dalam suasana bulan suci Ramadhan dan menjelang lebaran” Tutup Natsir.

Syam Wuryani dari Balai Rehabilitasi Sosial BRSLU Gau Mabaji Gowa mengatakan, bantuan diberikan kepada para lansia karena usia yang termasuk rentan terserang covid-19, sehingga harus membatasi aktifitas bekerja.

“ Bantuan lansia dari kemensos ini kami harapkan dapat membantu kelansungan hidup dimasa pandemic covid-19”, ungkap Syam

Syam melanjutkan, Terdapat beberapa komponen yang diserahkan kepada lansia diantaranya, program bantuan bertujuan, dukungan keluarga, terapi dan perawatan sosial. Selain uang tunai para lansia juga menerima paket kebutuhan pokok untuk keperluan menjelang Idul Fitri dari pemerintah setempat.

Sementara itu direktur Yayasan Mandar Indonesia (YAMANDO) Fredy Akbar mengatakan, data lansia penerima bantuan diperoleh dari pemerintah setempat, kriteria lansia menurut freddy selain yang tinggal sendiri dan sudah tidak produktif juga memfokuskan kepada lansia yang masih produktif namun tergolong miskin

“ Kita langsung berkunjung kerumah lansia kemudian kita lakukan pendampingan seperti edukasi kepada keluarga, perawatan sosial, dan mengajukan permohonan pada kementrian dan pemerintah untuk diberi bantuan” terang Freddy.

Turut hadir dalam kesempatan ini Kadis Sosial Polewali Mandar, Babinkamtibmas, Babinsa, Lurah Batupanga, dan sejumlah awak media.

Tim Warta Kominfo SP Polewali Mandar




Video Terkait:

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment