Bea Cukai Beri Peluang Ekspor Impor IKM Polman

By admin Warta Kominfo 07 Nov 2019, 12:27:22 WIB Perekonomian
Bea Cukai Beri Peluang Ekspor Impor IKM Polman

POLEWALI MANDAR Sosialisasi Ketentuan Bidang Ekspor dan Fasilitas KITE-IKM yang di bawakan Bea Cukai Pare-Pare kerjasama dengan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Polewali Mandar yang terselenggara di Aula Bappeda Litbang Kabupaten Polewali Mandar dihadiri para kepala OPD dan diikuti Industri Kecil menengah (IKM) se Polewali Mandar.


Sukirman Asisten II secara resmi Sosialisasi ketentuan diBidang Ekspor dan Fasilitas KITE-IKM, Kata Sukirman pelaksanaan Sosialisasi dari Bea Cukai Pare-pare, akan membuka ruang bagi pengelolah IKM untuk dapat melaksanakan Ekspor keluar negeri sehingga hasil Industri yang dihasilkan tidak hanya dipasarkan dalam negeri.


“diharapkan para pengusaha juga dapat melaksanakan impor sehingga para pelaku usaha daerah Polewali Mandar dapat meningkat dan berkembang”, Tambahnya.

Sosialisasi Ekspor Impor oleh pihak  Bea dan Cukai Pare-Pare memberi peluang besar bagi kalangan pengusaha daerah kita, untuk melaksanakan ekspor hasil produksi IKM.


“Dengan hadirnya Bea Cukai Pare-Pare yang yang memamarkan tata cara Ekspor Impor, para pelaku usaha kita dapat mengetahui tata cara Ekspor, agar mereka dapat memasarkan produknya keluar negeri sehingga,  produksi mereka tidak hanya dipasarkan dalam daerah.” Tambahnya. 


"Diharapkan sosialisasi ini dapat menaikkan kelas para pengusaha sehingga mereka dapat melaksanakan Ekspor Impor  agar mereka dapat sejahtera.” ungkap Jufri Mahmud Ketua DPRD Polewali mandar.


Untuk menopang perdagangan hasil IKM Polewali Mandar, pemerintah daerah Polewali Mandar melalui  Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi mengusulkan jalur tol laut baralih ke Tanjung Perak-Makassar-Silopo-Bontang-Balikpapan dan kembali lagi keTanjung Perak karena para pengusaha banyak melakukan perdagangan di jalur daerah tersebut, sehingga dapat  meningkatkan sektor perdagangan kita.


Agusnia Hasan Sulur mengatakan sosialisasi KITE-IKM yang dilaksanakan Bea Cukai Pare-Pare menyasar IKM karena sosialisasi tata cara Ekspor Impor yang dibawakan hanya menyentuh IKM untuk memberi pemahaman tentang Ekspor Impor.

"Agar mereka mendapatkan peluang mengekspor hasil usaha IKM mereka apalagi telah ada kebijakan dari pemerintah yang tidak akan menarik biaya pajak bagi pelaku IKM ", tuturAgusnia.


Sofyan Hakim Kepala sub bagian umum Bea cukai Pare-Pare mengatakan sosialisasi ketentuan Ekspor Impor yang diikuti para pelaku IKM untuk memberi pelung usaha agar mereka dapat mengespor barang hasil industri mereka serta melakukan Impor barang.


Karena mereka tidak memiliki modal untuk melakukan ekspor impor maka Bea Cukai Pare-Pare hadir untuk memberi pemahaman tentang tata laksana ekspor bagi pelaku IKM. Memberi peluang usaha bagi IKM agar dapat melakukan ekspor impor ini, dapat dilakukan dalam bentuk konsorsium maupun koperasi yang terdiri dari beberapa IKM yang bersatu untuk memproduksi barang apalagi pemerintah memberi pembebasan pajak bagi ikm yang maksanakan Ekspor Impor.


Tim Warta Kominfo SP Polewali Mandar. 

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment