ATP Polman Gelar Industrial Gathering & Sarasehan Nasional

By admin Warta Kominfo 08 Nov 2019, 10:34:45 WIB Pembangunan
ATP Polman Gelar Industrial Gathering  & Sarasehan Nasional

POLEWALI MANDAR Agro Techno Park BATAN Polewali Mandar menggelar  Industrial Gathering dan Sarasehan Nasional dengan tema ”Mengawal Ketahanan Pangan Nasional Melalui Pengembangan Agribisnis 4.0”. Kegiatan ini dipusatkan di ATP Polewali Mandar di Desa Nepo  berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 6 - 8 November 2019. 


Pertanian terpadu hasil Litbang BATAN telah menghasilkan berbagai hasil komiditi pertanian. ATP Polewali Mandar telah bermetamorfosa di Bidang Agro yang dapat dijadikan rujukan perkembangan Agro di Indonesia, hal ini disampaikan Bupati Polewali Mandar dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Polewali Mandar H. M. Natsir Rahmat.


Wakil Bupati melanjutkan,  digelarnya Industrial Gathering dan Sarasehan Nasional ini  dalam rangka mengkoneksikan hasil penelitian dan inovasi yang dikembangkan dengan para pelaku industri. Diharapkan kegiatan ini melahirkan penandatanganan kerjasama perjanjian bisnis yang saling menguntungkan secara berkelanjutan yang mendorong peningkatan ekonomi sebesar-besarnya di Kabupaten Polewali Mandar, sesuai visi Bupati  Polewali Mandar untuk menciptakan 10.000 wirausahawan baru.


Totti Tjiptosumirat Kepala PAIR BATAN mengatakan perkembangan ATP BATAN Polewali Mandar melaju pesat sejak hadirnya BATAN diPolewali Mandar Tahun 2015. Setelah dibentuknya ATP Polewali Mandar pertanian dan peternakan mulai terorganisir sehingga  hasilnya dapat dimanfatkan untuk meningkatkan roda perekonomian diPolewali Mandar.

“Berkat keseriusan dan dukungan pemerintah daerah terhadap ATP Polewali Mandar dapat melahirkan Pengusaha Pemula Berbasis Tehknelogi (PPBT) yang memanfatkan program  Disepro salah satu kegiatan di kemenristek yang telah memanfatkan tehknelogi untuk pengembangan usaha yang didahului pemanfatan tehnelogi pertanian dan peternakan namun spinofnya dapat membuat kertas dari jerami,penegembangan industri coklat dan pembutan beras-beras yang berorganik”, tutur Totti.


Sementara itu Kepala Bappeda Litbang Darwin Badaruddin mengatakan, Agro Techno Park Polewali Mandar telah membina dan melahirkan PPBT. ATP melakukan layanan penyedian bibit, layanan peternakan dalam penggemukan ternak, penyiapan layanan beras dan berupaya melahirkan hasil penelitian dan pengembangan pertanian untuk dimanfatkan oleh para petani.


Darwin melanjutkan hasil dari Gathering yang dilaksanakan diharapkan dapat mempertemukan para  pengusaha berbasis teknologi atau start up untuk dapat lebih mandiri dan melahirkan perjanjian kerjasama. Dengan adanya masukan dari Kemenristek BATAN terutama pengusaha ATP Polewali Mandar akan dilakukan pembinaan yang lebih baik dimasa yang akan datang. Kegiatan ini juga dihadiri perwakilan dri ATP Musirawas dan Klaten.

Tim Warta Kominfo SP Polewali Mandar.

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment